Rhoma Irama Gitaris Terbaik Indonesia

Data dan Fakta Membuktikan


Bagi sebagian orang judul di atas mungkin terlalu tendensius dan berlebihan. Tapi, jika dibuktikan dengan data dan fakta di bawah ini niscaya anggapan tersebut akan sirna. Pada saat ini terutama anak muda memang banyak yang belum mengenal siapa Rhoma Irama dan seberapa hebat ia dengan gitarnya. Tapi bagi orang yang mengenalnya tentu setuju bahwa ia merupakan salah satu top gitaris Indonesia.

Beberapa hal yang mendukung pengambilan judul di atas adalah sebagai berikut:

1.Melalui petikan gitar, Rhoma Irama telah menghasilkan lebih dari 600 buah. Beberapa album di antaranya memperoleh 11 Golden Plate Award (sekarang Platinum Plate Award).

2.Lagu-lagu yang diciptakan sebagian besar abadi hingga sekarang, bahkan diaransemen ulang oleh para penyanyi muda, seperti Krisdayanti, Nada & Nadi Bakara, Ridho Rhoma, dll.

3.Hal lain yang menjadi nilai tambah adalah gitar-gitar yang dipakai Rhoma Irama selalu setingkat lebih baik daripada gitar-gitar yang digunakan para gitaris Indonesia. Salah satu gitar terbaiknya tentu saja gitar headless, Steinberger yang merupakan gitar wireless pertama di dunia. Menurut Alm. Benny Muharram (kakak kandung Rhoma Irama), salah satu gitar tersebut berharga 200 juta perbuah yang dibeli pada tahun 1996. Padahal Rhoma Irama memiliki 5 buah gitar Steinberger yang dipakai sejak medio 80’an.

Silahkan lihat di sini untuk melihat gitar-gitar yang dipakai Rhoma Irama.

4.Lagu-lagu dan petikan gitar Rhoma Irama tidak hanya enak dinikmati tetapi terkadang dapat membuat sebagian pihak menjadi marah dan panas telinga.
Lihat saja bagaimana lagu-lagu Hak Azasi, Pemilu, Indonesia, Judi, dan Sumbangan, telah membuat panas telinga para penguasa korup Orde Baru, hingga membuat Rhoma Irama dilarang tampil di TVRI selama 11 tahun.

5.Lagu-lagu yang diciptakan dapat merubah perilaku dan sikap seseorang sebagaimana yang diakui Rhoma Irama bahwa ada anak muda yang tidak berani berbuat kasar lagi terhadap ibunya setelah mendengar lagu Keramat. Bahkan ada suatu keluarga yang memeluk agama Islam setelah mendengar lagu Lailahailallah.

6.
Lagu-lagu Rhoma Irama tidak hanya mendapat pengakuan di dalam negeri tetapi juga diluar negeri. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang ia peroleh dari dalam maupun luar negeri.
Silahkan lihat penghargaan-penghargaan tersebut di sini.

7
. Musiknya mampu mengangkat citra musik dangdut dari sebutan musik kampungan menjadi musik gedongan' dari sebutan musik rakyat jelata kini telah dibawanya ke Amerika. Rhoma Irama ke Amerika pun bukan karena konser belaka tetapi diundang oleh University Of Pittsburgh serta sebagai pembicara pada sebuah forum yang bertema: "Islam, Terorisme, dan Kebudayaan Pop".

8.
Gitaris yang hebat bukanlah seorang yang bisa seseorang yang memainkan gitarnya dengan gaya yang hebat dan mempesona tapi juga bagaimana ia mengoptimalkan kemampuan bermain gitarnya untuk mendapatkan sesuatu yang lebih daripada sekedar hanya bermin gitar atas dasar itulah mengapa penulis menganggap Rhoma Irama sebagai top gitaris Indonesia. Anda bisa?



5 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya sangat setuju sekali dengan paparan saudara, apalagi disertai dengan data penunjang yang valid. Kehebatan Bang Haji dalam memetik gitar memang sudah selayaknya mendapat apresiasi yang pantas, mengingat karya-karyanya yang luar biasa. menurut hemat saya petikan gitarnya tak kalah dibanding musisi-musisi lain, apalagi ciri khas raungan gitarnya memiliki nuansa sendiri yang makin manambah harmoni lagu dan musik yang dibawakannya.

anto mengatakan...

sebagai gitaris, saya sangat memuja kehebatan bang haji,.... jauh diatas gitaris kondang lain di indonesia

Anonim mengatakan...

Aksioma lama yang terbukti kebenarannya:
SELERA MUSIK BERBANDING LURUS DENGAN INTELEKTUALITAS DAN POLA PIKIR ...

Anonim mengatakan...

Mohon maaf, saya sebenarnya fans berat bang haji Rhoma Irama...sampai saat ini saya hampir hapal 200 lebih lagu solo rhoma irama, sampai begitu ngefannsnya sama beliau pernah suatu ketika saya dulu sekolah di MAN I jogja tahun 1994 (merupakan puncak kegilaan saya terhadap Rhoma), tiap senin-kemis saya selalu berpuasa dan tiap 1/3 malam shalat tahajud hanya untuk bertemu atau menonton langsung rhoma irama. Ternyata doa saya terkabul, sekitar bulan oktober, Rhoma Irama dengan Sonetanya dan juga alm. KH. Zainuddin MZ, (setelah dari Solo) menghampiri jogja di stadion Mandala Krida tahun 94. Jarak antara kos saya dengan Mandala Krida sekitar 30 km...saya berangkat masih bisa naik bis kota..tapi pulang jalan kaki, saking ngebetnya pingin nonton bang haji...

Saya terharu dan tambah gila lagi sama bang haji Rhoma. Dan singkat cerita doa saya terkabul lagi pasca saya lulus UIN Jogja dan kebetulan menjadi musisi Dangdut di jogja untuk secara langsung bisa mengiringi Rhoma Irama. Saya pemain suling di grup bolo-bolo jogja. Waktu itu kebetulan Pammi Jogja mengadakan acara pelantikkan pengurus baru, dan Rhoma yang menjadi pelantik pengurus tersebut. grup saya Bolo-Bolo Jogja menjadi pengisi musik setelah pada 2004 menjadi yang terbaik di jogja. Pelantikkan tersebut berlangsung pada satu hari pasca terjadinya gempa jogja 2006 (mungkin videonya masih bisa dicari di youtube). Saya merasa sangat puas karena doa saya dikabulkan keduanya....

Akan tetapi meskipun saya penggemar berat bang haji, untuk segala sesuatunya harus dinilai secara obyektif, termasuk sebagai gitaris terbaik di Indonesia. Saya kurang sependapat kalau Rhoma Irama dianggap sebagai gitaris terbaik di Indonesia. 8 hal di atas tidak ada hubungannya dengan penilaian admin menjadikan Rhoma sebagai gitaris yang terbaik...karena akhirnya poinnya melebar bahkan hingga ke musik yang lebih umum dan tidak hanya fokus ke permainan gitar..tidak ada standarisasi untuk menjadi yang terbaik dalam hal gitaris, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing2 tergantung parameter apa yang digunakan.optimal dalam hal tehnik bermain gitar yang mana?...optimal bagi Saya belum tentu bagi saudara, optimal bagi dia, belum tentu bagi Bang Haji, Optimal bagi bang haji belum tentu optimal bagi mereka. Tentu semua gitaris hebat karena dia mengoptimalkan kehebatan permainan gitarnya itu....yah,,,apapun penilaian berdasarkan karena kita suka memang sulit, bahkan meski sudah seobyektif mungkin penilaian itu tapi ternyata bagi yang lain belum tentu...Saya justru lebih suka dan setuju dengan penggemar berat Rhoma lain yang mengatakan kalau Rhoma itu musisi terbaik di Indonesia (dari segala genre)...kenapa? apakah saya subyektif....??? monggo dianalisa sendiri...

tjocorda agung dhipayana mengatakan...

Saya juga sangat setuju memang yg palik top bang haji... gak ada yg menandingi ke existan nya dalam bermusik.. jangan lihat genre lagunya atau jenis musiknya tapi kejeniusan seorang rhoma irama yg masih bisa bertahan sampai saat ini.. saluuuuuttt untuk bang haji

Posting Komentar

Most Read

Pengunjung

Follow

Hak Cipta Dilindungi AlLah swt. Tidak Dilarang Keras Mengcopy Isi Blog Ini Asal Sumber Disebutkan
Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates