Rhoma Irama, dari Indonesia hingga Baghdad dan Jenewa

Ingin Hijrah ke Luar Negeri

Rhoma irama, 35, ingin hijrah ke luar negeri. dalam sidang gereja sedunia di Jenewa tahun lalu, namanya disebut-sebut sehubungan dengan lagu La illaha illallah dan tentang masuknya keluarga istrinya menjadi Islam. (pt)

NAMA si Raja Dangdut tidak hanya tenar di seantero Nusantara. Menurut KH Hasyim Adnan, seorang mubaligh yang pernah berkunjung ke Bagdad, di sana ia mendengar ulama Bagdad berkhotbah tentang "Seorang ulama Indonesia yang juga menyanyi." Cuma di kawasan Timur Tengah itu nama Rhoma Irama, si Raja Dangdut kita itu, berubah sedikit, menjadi Umar Irama.

Juga dalam Sidang Gereja Sedunia di Jenewa tahun lalu, nama Rhoma disebut-sebut, sehubungan dengan lagu La Illahha Illallah dan tentang masuknya keluarga Veronica. keluarga istri Rhoma yang semula Kristen menjadi Islam.

Tapi bukan karena itu bila kini Rhoma, 35 tahun, dan Soneta Grup-nya konon ingin hijrah ke luar negeri. Menurut penyanyi yang saat ini sedang membuat film Pengorbanan -produksi sendiri dengan biaya Rp 200 juta lebih -- "Sejak 1977 terasa ada diskriminasi untuk saya."

Segala aktivitasnya, katanya, termasuk izin buat film terantuk-antuk. Bahkan izin pertunjukan di tujuh kota Jawa Timur yang seharusnya sudah dilakukannya beberapa waktu lalu, tidak keluar.

Toh ia masih sempat manggung 14 September lalu di Surabaya. "Itu show saya yang terakhir," katanya. "Padahal show adalah cara saya cari makan," tambah pimpinan Soneta Grup yang beranggotakan 9 orang itu.

Tapi ke mana dia hendak hijrah ternyata dia sendiri belum tahu. "Itu masih seandainya," tutur bapak dua anak ini. Dan lantas dikutipnya salah satu ayat Al-Quran yang berbunyi: "Jika merasa teraniaya, maka bumi Allah sangatlah luas."

Sumber: Tempointeractive Edisi. 34/XII/23 - 29 Oktober 1982
Gambar: Soneta Fans Club


1 komentar:

Anonim mengatakan...

muannnntap bro ane suka ini

Posting Komentar

Most Read

Pengunjung

Follow

Hak Cipta Dilindungi AlLah swt. Tidak Dilarang Keras Mengcopy Isi Blog Ini Asal Sumber Disebutkan
Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates