MITRA DUET RHOMA IRAMA

Menurut penulis, Rhoma Irama merupakan penyanyi di Indonesia yang memiliki rekan duet wanita yang paling banyak di Indonesia, sekitar 21. Penyanyi-penyanyi rekan duet tersebut antara lain:


1. ELLYA KHADAM
Pasangan ini berduet pada album-album seperti: Indandip, Tukang Ramal, Di Dalam Bemo, dll. Rhoma Irama berduet dengan Elya Khadam saat masih tergabung di dalam OM. El Sitara.


2. ELVY SUKAESIH
Menurut penulis, pasangan duet ini adalah yang terbaik. Lagu-lagu yang dinyanyikan pun tetap eksis hingga kini, terbukti dengan banyaknya penyanyi yang me-recycle lagu-lagu pasangan duet ini.
Rhoma Irama berpasangan dengan Elvy Sukaesih diawali saat keduanya pertama kali tergabung dalam OM. Candraleka, berlanjut dengan OM. Purnama, hingga OM. Soneta yang dipimpin oleh Rhoma Irama sendiri. Saat tergabung dengan OM. Soneta inilah lagu-lagu mereka tetap dikenang hingga sekarang.
Pasangan ini berduet pada album-album seperti: Django (OM. Chandraleka), Ke Pasar Minggu (OM. Purnama), Ke Monas, Dangdut, Begadang, Penasaran, Rupiah (OM. Soneta), dll.
Menurut Rhoma Irama, Elvy Sukaesih merupakan rekan duet terbaiknya.


3. INNEKE KUSUMAWATI
Pasangan ini berduet pada album-album seperti: Sip-sipan Bedue, Di Rumah Sadja, Djangan Kaum Marah, dll. Mereka menyanyikan lagu-lagu Pop Melayu dengan iringan musik oleh De Galaxies maupun Zaenal Combo.


4. LILLY SJARIF
Penulis baru menemukan pasangan ini berduet pada album Risalah Penyanyi dengan iringan musik oleh OM. Soneta pimpinan Rhoma Irama.


5. VIVI SUMANTI
Sama dengan Lilly Sjarif, Vivi Sumanti berduet dengan Rhoma Irama di dalam album Risalah Penyanyi.


6. TITIM FATIMAH
Setahu penulis, pasangan ini hanya berduet dalam satu album, yakni album Sekar Tjatur. Album tersebut berisi lagu-lagu berbahasa Sunda dengan iringan Orkes Gamelan Seni Sunda Bhineka Tunggal Ika.


7. TITING JENNY
Pasangan ini pernah bersatu saat masing tergabung dengan OM. Purnama. Album-album yang pernah dinyanyikan pasangan ini antara lain: Aku Saudaramu, Malam Tjemerlang, Ke Bina Ria, dll.


8. ANNA
Anna (setelah menikah dengan Bahfen berganti nama menjadi Anna Bahfen) merupakan adik kandung Rhoma Irama. Pasangan ini pernah berduet saat masih tergabung dengan OM. Purnama pada album Aku Saudaramu, Malam Tjemerlang, Ke Bina Ria, dll.


9. LILY DJUNAEDI
Pasangan ini pernah menelurkan album Biarkan Aku Pergi dengan iringan musik Band Zaenal Combo. Penulis sampai saat ini belum memiliki album lengkap yang dinyanyikan oleh Rhoma Irama dan Lily Djunaedi selain hanya memiliki 5 buah lagu, yakni lagu pop; Ulurkan Tangan serta lagu pop yang direaransemen menjadi dangdut; Wa’Sai’Bul, Tiap Malam Bertandang, dan Kudaku Lari.


10. NAYO MAIMUNAH
Penulis belum menemukan lagu duet pasangan ini, tetapi hanya menemukan bahwa mereka pernah bersama menelurkan beberapa album saat tergabung dengan OM. Purnama dan OM. Pantjaran Muda, seperti album Di Dalam Bemo, Aku Saudaramu, Ke Bina Ria, dll.


11. WIWIEK ABIDIN
Untuk pasangan ini, penulis belum memiliki album maupun lagu yang dinyanyikan oleh keduanya. Penulis pernah membaca artikel di internet bahwa mereka pernah berduet pada lagu Bertemu. Selain itu, mereka berdua juga pernah mengikuti lomba manyanyi di Singapura tingkat Asia Tenggara tahun 1971.


12. RITA SUGIARTO
Menurut penulis, selain Elvy Sukaesih, inilah duet terbaik Rhoma Irama. Lagu-lagu pasangan duet ini meledak di pasaran. Saking suksesnya, lagu-lagu pasangan ini bahkan dibuat untuk soundtrack film yang juga dibintangi Rhoma Irama sendiri. Rhoma Irama-lah orang pertama di dunia yang sukses membawa musik Dangdut ke layar bioskop.


13. IDA ROYANI
Pasangan duet Rhoma Irama dan Ida Royani hanya menelurkan satu album, yakni album Raja Dangdut yang merupakan album sound track film Raja Dangdut.


14. RIZA UMAMI
Menurut penulis, lagu-lagu duet pasangan ini merupakan lagu-lagu yang paling romantis di antara lagu-lagu Rhoma Irama dengan pasangan duet lainnya, seperti lagu Aduhai, Hatimu-Hatiku, Deritamu-Deritaku, Andai, dll. Selain syair lagu yang romantis, suara Risa Umami pun penulis rasakan pas dan sesuai saat duet dengan Rhoma Irama membawakan lagu-lagu tersebut. Album-album duet pasangan ini seperti: Album STF Pengorbanan, Album Judi, Album STF Nada-nada Rindu, Album STF Menggapai Matahari II, dll.


15. NOER HALIMAH
Lagu-lagu pasangan duet ini pun sangat romantis. Tapi menurut penulis, kualitas olah vokal Noer Halimah masih di bawah Riza Umami yang memiliki power yang kuat dan cengkok yang khas. Pasangan ini berduet pada album: Soneta Volume 13-16, Album STF Bunga Desa, Album STF Menggapai Matahari I, Album STF Pengabdian, dll.


16. NANDANI
Nandani merupakan penyanyi wanita dari India pertama yang duet dengan Rhoma Irama. Pasangan ini berduet pada Album Soneta Volume 11.


17. LATTA MANGESHKAR
Setelah sukses dengan Nandani, Rhoma Irama kembali berduet dengan seorang penyanyi dari India, yakni Latta Mangeshkar. Latta Mangeskar merupakan penyanyi yang dikagumi oleh Rhoma Irama sejak kecil. Pasangan ini berduet pada album: Sifana, Gulali, dan Puja.


18. SORAYA
Rhoma Irama pernah berduet dengan Soraya saat menyanyikan lagu-lagu yang diiringi oleh Orkes Gambus Al-Fatah pada album gambus 3 Bencana, 5 Milyar.


19. TP. NOER
Tidak hanya mengimpor mitra duet dari India, Rhoma Irama juga mengimpor mitra duet dari negara lain, yakni Malaysia. Pasangan ini berduet pada Album Jana-jana. Walau bukan dari India, tapi anehnya pasangan ini menyanyikan lagu India, yakni Jana-jana dan Syahdu versi India.


20. VERONICA
Veronica merupakan istri Rhoma Irama. Pasangan ini pernah berduet pada album Pemburu dengan iringan musik OM. Soneta, juga pernah bertrio dengan putri mereka, Debby Irama pada album Idih Papa Genit.


21. DEBBY IRAMA
Debby Irama merupakan anak kandung Rhoma Irama. Pasangan ini pernah berduet pada album anak-anak Idih Papa Genit dan Cok Galigacok, Indandip.

6 komentar:

Yos mengatakan...

no 14 saya setuju sekali Bro,
Duet dengan Riza Umami yang paling romantis dan syahdu, suara Riza yang merdu dan 'sexy' sangat pas duet dengan Bang Haji membawakan lagu cinta.

Anonim mengatakan...

Se7 brow

bangmu2 official mengatakan...

bang tony izin kopas buat blog saya terimaksih http://www.bangmu2.com

Tony Van Java mengatakan...

Silakan.

kharisma farid mengatakan...

Izin Share brooo.....

SRI BAYU AJI mengatakan...

saya malah pas si noer halimah pak ciek.... lebih greget

Posting Komentar

Most Read

Pengunjung

Follow

Hak Cipta Dilindungi AlLah swt. Tidak Dilarang Keras Mengcopy Isi Blog Ini Asal Sumber Disebutkan
Template by KangNoval & Abdul Munir | blog Blogger Templates